Iklan Pay Per Click (PPC)

1. Konsep pay per click
          Pay Per Click atau biaya per klik dalam bahasa indonesia, merupakan sistem periklanan menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web. Cara beriklan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin pencari seperti google,yahoo, dan MSN bahkan pada web media sosial seperti facebook.Ada beberapa langkah jika anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu :
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
        Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik (paltform PPC) adalah :
1. Melakukan pengecekan iklan sesuai peratura.
2.Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian atau kriteria yang lain.
3. Menentukan perangkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum pengiklanan dan relevansi iklan yang meliputi klik pertayang,salinan iklan, kata kunci dan halaman arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.
        Kebanyakan iklan PPC biasanya tidak terdapat gambar untuk melengkapi teks.Masukkan kata kunci yang dinamis ke dalam salinan iklan yang muncul atau mengguanakan kata kunci dalam salinan iklan. Sebuah iklan facebook terdiri dari :
a. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan.
b. Gambar (110x80 piksel)
c. Badan akhir (135 karakter maksimum)
d. Konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan yang ditampilkan oleh teman kita.

2. Optimasi PPC
           Beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu:
a. Memilih kata kunci yang tepat
       Ketika kalian akan beriklan menggunakan ppc maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Sebagai gambaran pada google AdWords menggunakan pencocokan berikut.
1. Luas (Board)
2. Frasa (Phrase) Dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci (" Frasa match").
3. Sama Persis (Exact) Dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis])
4. Negatif (Negative) Dilambangan dengan mengguanakan tanda dash didepan kata kunci (-Negatif)

b. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan. Misalnya, Kalian hanya ingin iklan untuk pencarian bahasa Inggris di Asia, atau  bahasa Inggris pencarian di Indonesia. Maka kalian tidak perlu membayar atas akses yang tidak diinginkan atau diluar area penargetan iklan.
c. Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan
Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang, pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1. Jenis kelamin
2. Lokasi
3. Situasi hubungan
4. Kelompok umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1. Suka dan kepentingan
2. Interaksi dengan merek/Produk
d. Menambah ekstensi advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah
informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan
PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi
tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan
salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks
yaitu.
1. Perluasan lokasi.
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis Lokal Perlu dihubungkan.
2. Sitelinks iklan.
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3. Ekstensi Telepon.
Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4. Ekstensi Produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5. Penjual ratings Produk
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik.
e. Penawaran dan peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang  dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price,yang merupakan variasi pada lelang Vickrey.
      Penting bagi kalian untuk menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik karena
mempengaruhi peringkat dan biaya per klik. Angka mutu ditentukan oleh faktor-faktor antara lain:
1. Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2. Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3. Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4. Track Record CTR  iklan tersebut.

f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan.
g. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak jelas.
h. Pelacakan
Bagaimana Anda mengetahui konsumen mengakses/mengklik iklan yang ditayangkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan konversi yang tepat. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi.
3.Menyiapkan  Kampanye PPC
a.Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan,pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar