Pemasaran Online Menggunakan Media Sosial

1. Pengertian Media Sosial

           Media sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi,berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki,forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial termasuk facebook, linkedln dan wiki merupakan bentuk media sosial yang umum digunakan oleh masyarakat diseluruh dunia.

2. Pemanfaatan Viral Marketing

          Viral marketing (pemasaran viral), biasa dianggap sebagai iklan virus, atau pemberitahuan spontan (buzz) tentyang pemasaran dan merupakan istilah-istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri, pemasaranviral ini dianalogikan dengan penyeberan virus atau virus komputer (melalui internet dan jaringan lokal) yang terutama dikenali oleh sebagian besar anti virus yang dikenal juga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising).
          Pemasaran viral adalah suatu bentuk strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan, dengan melihat tingginya animo masyarakat yang selalu terhubung koneksi internet untuk mengakses.
Sebagaimana disampaikan professors Andreas Kaplan dan michael Haenlien, dengan mengenal tiga bagian berikut.
a. Penyampaian pesan
       Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan untuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenal sebagai sebuah virus:
   1. Para ahli pasar
   2. Hubungan sosial
   3. Penjual

b. Pesan
       Hanya pesan yang mudah diingat dan cukup menarik untuk dapat diteruskan kepada orang lain yang memiliki potensi untuk mengacu fenomena viral marketing.

c. Lingkungan
       Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viral marketing yang sukses, perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untuk dapat memperoleh hasil yang besa, dan orang-orang yang jauh lebih sensitif terhadap lingkungan.
Berbagai media yang sering dilibatkan dan dimanfaatkan oleh viral marketing, antara lain sebagai berikut:
a.Layanan partisipasi pelanggan dan polling.
b. Kontribusi organisasi-industri khusus
c. Mesin pencari internet dan blog
d. Integrasi smartphone ponsel
e. Beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung
f. Layanan web terget pemasaran
g. Search engine optimization (SEO)
h. Sosial media optimasi (SMO)
i. Televisi dan radio
     Target pemasaran viral didasarkan pada tiga prinsip penting antara lain:
a.Berkumpulnya profil pada media sosial
b.Kedekatan analisis pasar
c. Analisis real-time ketepatan kata kunci

3. Macam-macam media sosial

       Facebook adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis.Facebook adalah alat yang luar biasa, dan banyak dianggap sebagai platform terbaik untuk memasarkan bisnis anda.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika menggunakasn facebook:
1. Gunakan teb customized, Ketika anda membuat halaman bisnis anda di facebook, anda dapat melihat bahwa halaman bisnis dilengkapi dengan sejumlah tab yang disesuaikan.
2. Tujuan dari halaman bisnis,anda harus selalu memahami persis mengapa anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya.
3. Mengubah urutan tab facebook : anda harus mengatur urutan tab facebook anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon pelanggan.
4. Konsistensi pada posting konten : anda juga harus menjaga konsistensi dalam posting isi halaman bisnis anda.
5.Tetapkan tujuan yang realistis .
6.Luangkan sedikit waktu anda.
7. Pelajari serbanyak yang anda mampu.
8. Mulailah dengan anggaran kecil.
9. Buatlah halaman fanpage bukan profil.
10. Update status dengan yang  keren-keren.
11. Jangan kirim spam.
12. Promo kupon diskon.
13. Tawarkan membership.

4. Pemasaran Menggunakan Media Video

           Video merupaka tampilan yang paling menarik dan lebih mempengaruhi calon pelanggan dari pada teks dan gambar diam.Oleh karena itu sangat disarankan bahwa model pemasaran apapun yang telah anda lakukan sebelumnya, menjadi sangat menjanjikan respon dari para calon pelanggan jika anda mengemas / memproduksinya.
            Pemasaran menggunakan video merupakan perluasan model pemasaran tetapi berfungsi sebagai media alternatif bagi perusahaan atau klembaga untuk menyampaikan pesan mereka kepada masyarakat yang lebih luas, dan mendapatkan lebih banyak tanggapan menjadikan media audio visual, yan gmerubah artikel menjadi video dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel tentang penyampaian esan atau iklan.
    Beberapa perangkat lunak opensource/freeware yang dapat kita gunakan untuk mengubah video sebagai media pemasaran adalah sebagai berikut:
a. Avidemux
b. Blender
c. Conelerra
d. Kdenlive
e. Kino
f. OpenShot
g. VirtualDub
h. Lightworks
i. Pinnacle
j. Windows movie maker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar